Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN PROTOTYPE ANTENA RADIAL LINE SLOT ARRAY (RLSA) DUAL BAND DUAL BEAM MENGGUNAKAN TEKNIK PEMOTONGAN 1/2 LINGKARAN PADA FREKUENSI 5,4 GHZ DAN 5,8 GHZ

Misbachul Badri, - (2019) RANCANG BANGUN PROTOTYPE ANTENA RADIAL LINE SLOT ARRAY (RLSA) DUAL BAND DUAL BEAM MENGGUNAKAN TEKNIK PEMOTONGAN 1/2 LINGKARAN PADA FREKUENSI 5,4 GHZ DAN 5,8 GHZ. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI (Tanpa BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang antena RLSA dual band dual beam menggunakan teknik pemotongan ½ lingkaran pada frekuensi 5,4 GHz dan 5,8 GHz. Perancangan antena menggunakan bahasa pemrograman VBA untuk menggambarkan rancangan antena kemudian disimulasikan menggunakan software CST Studio Suite. Pada penelitian ini rancangan antena dilakukan dengan pembagian slot band frekuensi 5,4 GHz dan 5,8 GHz pada bagian radiating element dan menambahkan slot yang sama ke background antena. Dari beberapa perancangan yang telah disimulasikan didapatkan salah satu model terbaik pada gabungan p0 10 dan 12 dengan masing-masing beamsquint 50 derajat dan 70 derajat dengan nilai koefisien refleksi -19,682 dB pada frekuensi 5,4 GHz, dan -19,32 dB pada frekuensi 5,8 GHz serta pola radiasi yang berlawanan arah. Hasil model rancangan tersebut kemudian dipabrikasikan dan diukur untuk mengetahui kinerja yang sebenarnya. Dari hasil pengukuran kemudian dibandingkan dengan hasil simulasi, dimana pada hasil pengukuran terjadi perubahan yang kurang sesuai dengan hasil simulasi disebabkan ketidakakuratan pada proses pabrikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:29
Last Modified: 30 Oct 2019 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21774

Actions (login required)

View Item View Item