Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-Promting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru.

Fitria Angela, - (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-Promting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
16 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
cover-lampiran kecuali bab iv.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran Probing-Promting dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Langsung berdasarkan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 42 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 42 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Probing-Promting, dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran Langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji ANOVA dua arah (two way ANOVA). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing-Promting dengan siswa yang menggunakan pembelajaran Langsung 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing-Promting dengan siswa yang menggunakan pembelajaran Langsung jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. . Kata kunci: Probing-Promting, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:43
Last Modified: 30 Oct 2019 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21772

Actions (login required)

View Item View Item