AISYAH (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 32 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_20131225PMT.pdf Download (715kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 32 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 32 Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 139 siswa yang terdiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Pemecahan Masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 32 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama tujuh kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, lima kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 32 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 3,04 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
View Item |