Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Regulated Siswa SMP/Mts

RESTY FAUZIAH, 11515201130 (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Regulated Siswa SMP/Mts. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text (UPLOAD)
UPLOAD.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Resty Fauziah, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Regulated Siswa SMP/Mts Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self regulated siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki self regulated pada kelas eksperimen dan siswa yang memiliki self regulated pada kelas kontrol. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Meaningful Instructional Design dengan self regulated terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran Meaningful Instructional Design berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self regulated siswa SMP Negeri 3 Tambang. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Meaningful Instructional Design, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Oct 2019 04:24
Last Modified: 29 Oct 2019 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21754

Actions (login required)

View Item View Item