PENGARUH PENGGUNAAAN MULTIMEDIA (FLASH) PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 10 PEKANBARU

TIKA OKTARIZA, (2013) PENGARUH PENGGUNAAAN MULTIMEDIA (FLASH) PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131224PMT.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran multimedia (flash) pembelajaran dengan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan multimedia (flash) pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa SMAN 10 Pekanbaru pada materi trigonometri?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 10 Pekanbaru tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 293 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X 6 dan X 7, dimana kelas X 7 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan media pembelajaran multimedia (flash) pembelajaran dan kelas X 6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran konvensional (papan tulis). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, yaitu dua kali pertemuan dengan menggunakan multimedia (flash) pembelajaran dan dua pertemuan lagi dilaksanakan pretes dan postes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Untuk melihat hasil penelitian hasil belajar matematika dilakukan uji t dengan kriteria penolakan Ho adalah thitung ≥ ttabel. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,89 pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh ttabel = 2,00 dan 2,65. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran multimedia (flash) pembelajaran dengan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan dapat dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 67,37 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol yaitu sebesar 58,46. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran multimedia (flash) pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 10 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:47
Last Modified: 29 Jan 2016 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item View Item