PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 PEKANBARU

ARSEP SAHPUTRA, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131223PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan open ended dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) dengan pendekatan open ended dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 364 siswa yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended dan VIII.9 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensionnal. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas lima kali pertemuan dengan diterapkan model pembelajaran koopertif tipe STAD dengan pendekatan open ended dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari uji tes-t didapat sebesar 3,27 yang lebih besar dari ttable baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 1,99 dan 2,64. Dari perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan open ended berpengeruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:47
Last Modified: 29 Jan 2016 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item