NURHASANAH (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MENCARI BANTUAN ADAPTIF (ADAPTIVE HELP SEEKING) SISWA KELAS IXB3 MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_20131179PMT.pdf Download (467kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Perilaku mencari bantuan adaptif siswa pada pokok bahasan Pangkat tak Sebenarnya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena penulis merupakan guru Matematika di MTS Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXB3 terdiri dari 26 siswa. Untuk melihat peningkatan Perilaku mencari bantuan adaptif siswa setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dilihat dari setiap indikator keberhasilan siswa mengerjakan tugas yang diberikan sendiri terlebih dahulu dari 38,48% meningkat menjadi 80,76%, siswa berdiskusi dengan pasangannya meningkat dari 34,61% menjadi 80,76%, siswa meminta bantuan ketika benar-benar membutuhkan dari 42,30% meningkat 92,30%, siswa meminta bantuan berhubungan dengan proses 38,48% meningkat menjadi 88,46%, siswa melaporkan jawabannya kedepan kelas dari 30,76% meningkat menjadi 84,61%, dan siswa mengerjakan soal evaluasi meningkat 38,48% menjadi 80,76%. Pada siklus III target Perilaku mencari bantuan adaptif yang penulis tetapkan masingmasing indikator telah mencapai ≥ 61% tergolong baik. Indikator yang tergolong baik memiliki rentang 61- 80 % sedangkan untuk rentang 81- 100 % tergolong baik sekali.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2172 |
Actions (login required)
View Item |