INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU

ERNA BUDIARTI, 11411200081 (2019) INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

ABSTRAK Erna Budiarti, (2019): Interaksi Edukatif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru. Interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran menjadi sebuah prioritas utama dalam sebuah aktivitas pembelajaran di dalam kelas. Dimana dalam sebuah pembelajaran sudah menjadi kewajiban adanya timbal balik ataupun interaksi edukatif guru dan siswa dalam mencapai sebuah tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru dan objeknya adalah interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru. Populasi dalam dalam penelitian ini berjumlah 497 orang dan sampelnya berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase, menggunakan rumus P = × 100 %. Berdasarkan penyajian dan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru adalah “Baik” dengan persentase 80,71% dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi edukatif guru dan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru yaitu penguasaan bahan ajar, pengelolaan program pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penggunaan media. Kata kunci: interaksi, edukatif, guru, siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:54
Last Modified: 28 Oct 2019 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21713

Actions (login required)

View Item View Item