PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs AL-MUTTAQIN PEKANBARU

RINI IKHLASMI, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131178PMT.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin pekanbaru yang belajar dengan penggunaan metode pembelajaran Snowball Throwing dan siswa belajar dengan penggunaan metode konvesional. Tujuan penelitian yang diharapkan tersebut berkaitan dengan permasalahan yang peneliti temukan di MTs Al-Muttaqin, yaitu hasil belajar matematika pada aspek pemecahan masalah matematika masih tergolong rendah. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama Enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analis data tersebut, diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al- Muttaqin yang belajar dengan penggunaan metode pembelajaran Snowball Tthrowing dan siswa belajar dengan penggunaan metode konvesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:47
Last Modified: 29 Jan 2016 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item