Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE RADIAL BASIS FUNCTION (RBF) UNTUK MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT BERBASIS ANDROID

VEDYNT YUNIARTO, 11351102982 (2019) PENERAPAN METODE RADIAL BASIS FUNCTION (RBF) UNTUK MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img]
Preview
Text
BAB I- VI fix 3.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Vedynt Yuniarto (2019): PENERAPAN METODE RADIAL BASIS FUNCTION (RBF) UNTUK MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT BERBASIS ANDROID Kesalahan panen buah kelapa sawit dalam kondisi terlalu matang, minyak yang dihasilkan kualitasnya akan menurun karena mengandung Asam Lemak Bebas (ALB) dalam jumlah tinggi sedangkan jika dipanen dalam keadaan belum matang maka rendemen minyak yang dihasilkan akan rendah. Dibutuhkan suatu pendekatan teknologi yang memungkinkan dilakukan pemanenan secara tepat, berdasarkan ciri-ciri kematangan yang tampak yaitu warna buah kelapa sawit. Android merupakan salah satu Teknologi alat komunikasi modern yang telah dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi terkini didalamnya. Penelitian ini menggunakan pengolahan citra digital yaitu dengan citra warna Hue, Saturation dan Value (HSV) serta jaringan syaraf tiruan Radial Basis Function (RBF) sebagai metode identifikasi tingkat kematangan buah kelapa sawit dengan berbasis android. Jumlah data yang digunakan adalah 90 citra buah berondolan kelapa sawit. Berdasarkan hasil pengujian, akurasi tertinggi adalah 83,33%, pada persentase data latih dan data uji 80%:20% dengan nilai spread 1 sampai dengan 8, nilai threshold 0,6. Dapat disimpulkan bahwa RBF dapat diterapkan dalam mengidentifikasi kematangan buah kelapa sawit berbasis android. Kata Kunci: Android, Buah Kelapa Sawit, Citra Digital, HSV, Radial Basis Function (RBF).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:57
Last Modified: 29 Oct 2019 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21705

Actions (login required)

View Item View Item