HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMORI SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

SISKA LUSIA PUTRI, - (2019) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMORI SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siska Lusia Putri, (2019): Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memori Siswa SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang perlu untuk diteliti hubungannya dengan kemampuan memori dengan upaya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan memori siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Peneliti menggunakan korelasional. Pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif melalui tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memori, sedangkan prosedur pengumpulan data secara kualitatif melalui wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan objek penelitiannya adalah hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memori siswa SMA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas X MIA 1 yang berjumlah 28 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa yang memiliki kemampuan memori sedang dengan kemampuan berpikir kritis rendah dengan persentasenya sebesar 29%, selanjutnya diikuti dengan siswa yang memiliki kemampuan memori tinggi dengan kemampuan berpikir kritis tinggi sebesar 25%, dan siswa yang memiliki kemampuan memori rendah dengan kemampuan berpikir kritis rendah sebesar 14%. Analisi hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memori siswa yang diuji dengan menggunakan korelasi product moment memperoleh rxy = 0,494 > rtabel = 0,361, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maknanya terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara variabel kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan memori siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Kemampuan Memori Siswa, Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Oct 2019 02:47
Last Modified: 26 Oct 2019 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21693

Actions (login required)

View Item View Item