ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP)

RIRA OCTA NINGSI, - (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)

Abstract

ABSTRAK Rira Octa Ningsi, (2019): Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp). Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sains yang kurang memperhatikan keterampilan proses sains sehingga siswa masih belum sepenuhnya mampu mengembangkan pengetahuannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan proses sains siswa pada kegiatan pembelajaran dan praktikum menggunakan model Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2018/2019 dikelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Kampar dengan materi Kelarutan dan hasil kali kelautan (Ksp). Penelitian ini menggunakan desain One Shoot Case Study dengan sampel penelitian berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes essay dan wawancara untuk mengetahui respon siswa dan memperkuat hasil data yang telah diperoleh. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa aspek mengamati pada observasi menggunakan praktikum dengan persentase rata-rata sebesar 77,82% dan aspek terendah ditempati oleh aspek berhipotesis dengan persentasi rata-rata sebesar 61,29%, sedangkan hasil observasi menggunakan pembelajaran diskusi yang tertinggi terdapat pada aspek mengamati sebesar 79,99% dan aspek terendah yaitu aspek berhipotesis dengan persentasi 69,98% dan berdasarkan soal post-test diperoleh skor rata-rata sebesar 88,88% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Creative Problem Solving (CPS), Kelarurtan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Oct 2019 03:32
Last Modified: 26 Oct 2019 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21692

Actions (login required)

View Item View Item