PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

MIRFATURIQA, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131149PMT.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan kolaborasi strategi pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan kolaborasi model strategi pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Reteh Kabupaten Indragiri Hilir?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Reteh sebanyak 64 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran berbasis masalah. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran berbasis masalah dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dengan rumus tes-t, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan kolaborasi strategi pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Reteh Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:47
Last Modified: 29 Jan 2016 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item