PENGARUH PENERAPAN QUESTIONS STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MTs NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU

RATIH ANGGRAINI SILVIA NINGSIH, (2013) PENGARUH PENERAPAN QUESTIONS STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MTs NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131140PMT.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Questions Student Have (QSH terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajran faktorisasi aljabar siswa kelas VIII di MTs Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Bukit Raya Pekanbaru yang berjumlah 80 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII.1 dan VIII. 3. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan aktivitas siswa sebagai data pendukung . Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan dan diakhir penelitian. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Student Have (QSH). Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji tes “t”. sebelum melakukan uji tersebut, terlebih dahulu menguji normalitas data, dan uji homogenitas varians pada dua kelas yang menjadi sampel. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan uji t, didapatkan nilai t = 3,17 yang berada di luar kisaran nilai (1,99 < 3,17 > 2,64) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode Question Student Have dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran matematika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Ini juga terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar matematika siswa, pada kelas eksperimen sebesar 73,88 lebih baik dari hasil belajar kelas konvensional 68,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:47
Last Modified: 29 Jan 2016 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item