ANALISA PENGENDALI MRAC-PID UNTUK MENGENDALIKAN KONSENTRASI PADA SISTEM ISOTHERMAL CONTINUOUS STIRRED TANK REACTOR (CSTR)

Mhd. Reski, - (2019) ANALISA PENGENDALI MRAC-PID UNTUK MENGENDALIKAN KONSENTRASI PADA SISTEM ISOTHERMAL CONTINUOUS STIRRED TANK REACTOR (CSTR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
LAPORAN TA MHD RESKI 11455105322 TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
[19] BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Mhd. Reski (2019): Analisa Pengendali MRAC-PID Untuk Mengendalikan Konsentrasi Pada Sistem Isothermal Continuous Stirred Tank Reactor (CSTR) Di dunia industri yang sering terjadinya reaksi kimia banyak ditemukan reaktor pada proses produksinya. Salah satunya pada sistem isothermal CSTR dimana sistem ini belum mampu bekerja sesuai dengan setpoint yang diinginkan yaitu 1 g.moll/liter, sehingga dibutuhkan pengendali. Pengendali yang dipilih untuk dirancang adalah Model Reference Adaptive Control (MRAC) dengan penambahan pengendali PID. Pengendali MRAC dipilih karena mampu membuat keluaran sistem mengikuti performa keluaran model referensi yang sudah ditetapkan, sehingga dapat mengatasi masalah kinerja yang terjadi pada sistem Isothermal CSTR. Metode yang dipakai pada pengendali MRAC adalah MIT Rule. Namun, gain adaptasi pada MRAC belum mampu mengatasi performansi pada sistem, sehingga masih menghasilkan overshoot, untuk itu ditambahkan pengendali PID. Penambahan pengendali PID dilakukan untuk mengoptimasi kinerja dari pengendali MRAC. Simulasi akhir yang dilakukan dengan menambahkan pengendali PID berhasil mengoptimalkan kinerja pengendali MRAC. MRAC dengan penambahan PID memiliki overshoot yang lebih kecil yaitu 0.0001% dan memiliki error steady state sebesar 0 g.moll/liter dengan rise time sebesar 8.9807 detik. Pada saat diberikan gangguan respon sistem menggunakan pengendali MRAC dengan PID dapat dengan cepat kembali ke setpoint. Kata Kunci : Isothermal CSTR, Pengendali MRAC, Pengendali PID

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:00
Last Modified: 25 Oct 2019 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21670

Actions (login required)

View Item View Item