PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN TWO STAY TWO STRAYTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 1 KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

HARMAYANTI, (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN TWO STAY TWO STRAYTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 1 KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131132PMT.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran tipeNumbered Heads Together, Contextual Teaching and LearningdanTwo Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “ apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, Contextual Teaching and Learning dan Two Stay Two Stray dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar ? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan terhadap yang lain dengan kondisi yang terkendalikan. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA, VIIB dan VIIC Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika menggunkan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, Contextual Teaching and LearningdanTwo Stay Two Stray.Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes. Data inilah yang diolah menggunakan rumus ANOVA dan diperoleh nilai F sebesar 73,08 dengan nilai signifikan sebesar 3,11 pada taraf signifikan 5% dan 4,88 pada taraf signifikan 1% yang mana nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan lebih kecil dari F hitung, maka Ho ditolak. Berdasarkan analisis data Pasca Anovadapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, Contextual Teaching and Learningdan Two Stay Two Stray. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar Numbered Heads Together sebesar 76,3 dan Contextual Teaching and Learning sebesar 72 lebih baik dari hasil belajar Two Stay Two Stray sebesar 71,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together, Contextual Teaching and Learningdan Two Stay Two Strayberpengaruh terhadap hasil belajar matematika Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item