Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH KECAMATAN MERBAU KABUPATEN MERANTI

MUHAMMAD FADILAH (2013) KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH KECAMATAN MERBAU KABUPATEN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131128PMT.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar matematika dan antara motivasi dengan prestasi belajar matematika serta hubungan secara simultan antara gaya belajar dan Motivasi belajar Matematika dengan prestasi belajar siswa di MTs Al- Hidayah Lukit Kecamatan Merbau Kabupaten Meranti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah, dimana jumlah seluruh siswanya berjumlah 42. Dalam penelitian ini seluruh populasi tersebut dijadikan sampel penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah gaya belajar, motivasi belajar, dan prestasi belajar. Pada penelitian ini gaya belajar yang terdiri dari dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinstetik. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data tersebut menggunakan teknik regresi ganda. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa: pertama, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar, hasil ini diperoleh berdasarkan nilai thitung = 1.499 > 1.684 = ttabel, yang berarti gaya belajar secara statistik tidak mempunyai hubungan signifikan dengan variabel dependen prestasi belajar. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, hasil ini diperoleh berdasarkan nilai thitung = 4.871 > 1.684 = ttabel. Ketiga terdapat hubungan secara simultan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar, hasil ini diperoleh berdasarkan, nilai F = 11.967 > 4,02 (nilai F tabel F(0,05;1;38) = 4,10), ini berarti variabel independen gaya belajar dan motivasi belajar secara simultan benar-benar memiliki hubungan signifikan terhadap variabel dependen prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2166

Actions (login required)

View Item View Item