Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA AUTIS DI SLB ( SEKOLAH LUAR BIASA) INSAN MUTIARA PEKANBARU

AGUS SRITINI ALJU, 11543202333 (2019) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA AUTIS DI SLB ( SEKOLAH LUAR BIASA) INSAN MUTIARA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Agus Sritini Alju Nim : 11543202333 Judul : Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Siswa Autis Di SLB (Sekolah Luar Biasa ) Insan Mutiara Pekanbaru Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa penyandang autis di Sekolah Luar Biasa Insan Mutiara Pekanbaru dalam proses belajar mengajar, cara guru memahami komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal siswa penderita autis. Penelitian ini melihat bagaimana guru berkomunikasi dengan murid autis yang mempunyai kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan teori Joseph. A. De Vito. Berdasarkan teori yang peneliti gunakan, peneliti melihat bagiamana guru sebagai pendidik harus memiliki kepedulian sehingga memudahkan guru dalam berinteraksi dengan siswa autis dan bagaimana guru mengenal dan memahami siswa penderita autis melalui interaksi langsung dengan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SLB Insan Mutiara Pekanbaru terlibat dalam perilaku yang telah mereka pilih, yang pada akhirnya mengantarkan guru untuk menjalankan perannya sebagai seorang guru yang berperan memberikan pendidikan sebagai salah satu penanganan masalah komunikasi siswa autis. Dalam menjalankan proses belajar mengajar di SLB Insan Mutiara Pekanbaru guru terlebih dahulu memperhatikan kondisi siswa autis, bagaimana keadaan dan kemampuan setiap siswa autis. Setelah itu menentukan bagaimana cara yang tepat dalam bertindak, semuanya harus disesuaikan dengan keadaan, kemampuan dan gejala yang dialami siswa penderita autis. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Guru, Autis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:14
Last Modified: 25 Oct 2019 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21656

Actions (login required)

View Item View Item