PENGARUH APLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

RASFARIDA SARIANI, (2013) PENGARUH APLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131110PMT.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tujuan akhir dari pembelajaran. Karena masih rendahnya hasil belajar matematika yang dimiliki siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-produktif terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Darul Hikmah Pekanbaru dan sampel dalam penelitian ini kelas VIII, kelas VIIA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menerapkan strategi pembelajaran Kreatifproduktif dan pertemuan terakhir dilaksanakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Data kuantitatif tentang hasil belajar diperoleh dari post test dalam bentuk essay. Selanjutnya data tersebut dianalisis secara statistik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis menggunakan tes “t” ttabel = 2,00. Analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,106. Hal ini menunjukkan bahwa (2,106 > 2,00), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti Strategi Pembelajaran Kreatif-produktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional MTs Darul Hikmah Pekanbaru pada materi Garis Singgung Lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item