MANFAAT MADU JENIS LEBAH APIS DORSATA BAGI KESEHATAN MENURUT AHLI TAFSIR DAN MEDIS

BAITUL IZHAR HUSAINI, 11332101118 (2019) MANFAAT MADU JENIS LEBAH APIS DORSATA BAGI KESEHATAN MENURUT AHLI TAFSIR DAN MEDIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul: “Manfaat Madu Jenis Lebah Apis Dorsata Bagi Kesehatan Menurut Ahli Tafsir Dan Medis.”. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Madu minuman kesehatan yang sangat bermanfaat bagi Manusia, Lebih dari 14 abad yang lalu, Allah SWT telah mengatakan dalam al-Qur’an dalam surat An-Nahl ayat 68-69 bahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit. Sungguh merupakan suatu karunia besar bagi manusia yang mau menggunakan akal pikirannya dalam rangka mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta alam raya ini. Maka korelasi antara teks al- Qur’an dengan ilmu pengetahuan medis, telah banyak dinyatakan oleh para pakar-pakar dengan berbagai penemuan sains modern, al-Qur’ãn terlebih dahulu telah menjelaskan hal tersebut. Dan ini membuktikan bahwa al-Qur’an adalah mukjizat yang tidak diragukan lagi. Seperti halnya al-Qur’an yang berbicara tentang lebah yang menghasilkan minuman sangat baik bagi manusia berupa madu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah yang di maksud dengan madu dalam penafsiran ahli tafsir dan bagaimana relevansinya dengan ilmu medis tentang madu jenis Lebah Apis Dorsata yang penulis teliti dalam al-Qur’an. Maka untuk mengungkapkan masalah ini, penulis melakukan penelitian dengan mengunakan metode pengujian laboratorium Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah UPT Pengujian Dan Sertifikasi Mutu Barang, Pemerintah Provinsi Riau. Juga penelitian ini merujuk kepada literatur buku, maka penulis menggunakan kitab-kitab tafsir dan buku yang berkaitan dengan permasalahan tentang madu. Berdasarkan penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa madu jenis Apis Dorsata ini memiliki kandungan tersendiri yang sangat baik bagi kesehatan hanya kadar air (O2) hanya kurang dari 1% dari standar SNI (standar nasional indonesia) yaitu 22% sedangkan Aktifitas Enzim Diastase =2.43 sebagai penyerapan nutrisi kedalam tubuh, serta Enzim merupakan senyawa organik bermolekul besar yang berfungsi untuk mempercepat jalan nya reaksi metabolisme sehingga menjadi energi, dan penguraian pencernaan dalam tubuh. Glukosa =54.98 sebagai anti bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri. Keasaman =43.12 (Bee Pollen) sebagai makanan nilai gizi yang tinggi dari sari pati makanan yang di peroleh oleh lebah itu sendiri, dan semua itu terkumpul dalam satu minuman yang sempurna yaitu madu lebah Apis Dorsata atau yang lebih dikenal Madu Sialang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:32
Last Modified: 25 Oct 2019 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item View Item