PERBANDINGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 31 PEKANBARU

MERI DESLIYONA, (2013) PERBANDINGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 31 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131073PMT.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui model pembelajaran yang efektif antara menggunakan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tipe Team Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Relasi dan Fungsi terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 31 Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah“Apakah ada perbedaan motivasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tipe Team Games Tournament (TGT) ?” Penelitian ini merupakan penelitian komparasi untuk menemukan perbedaan motivasi siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan tipe Team Games Tournament (TGT), dengan teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data nonparametrik menggunakan Mann Whitney U Test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT). Ini terlihat setelah dilakukan analisis didapat nilai Z hitung lebih kecil dari Z tabel yaitu pada taraf signifikan 5% , yaitu -2,8278 < − -1,97, ini menunjukkan adanya perbedaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih berpengaruh baik terhadap motivasi belajar matematika siswa dibandingkan dengan tipe Team Games Tournament (TGT), karena pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD dapat menumbuhkan hasrat dan keinginan siswa dalam berhasil dan memungkinkan siswa belajar dengan giat. Rata-rata skor motivasi kelas STAD sebesar 79,845 %, sedangkan kelas TGT sebesar 74,05% yang memiliki perbedaan sebesar ± 5,795%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item View Item