ANALISIS EFEKTIFITAS PENDISTRIBUSIAN RASTRA (BERAS BERSUBSIDI UNTUK BERAS SEJAHTERA) DI KELURAHAN SEDINGINAN KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR

WIWIN FEBRIANTI, 11475205100 (2019) ANALISIS EFEKTIFITAS PENDISTRIBUSIAN RASTRA (BERAS BERSUBSIDI UNTUK BERAS SEJAHTERA) DI KELURAHAN SEDINGINAN KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Efektifitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran/tujuan yang telah di tentukan sebelumnya. Jelasnya, bila sasaran atau tujuan telah tercapai sesuai dengan yang telah di rencanakan sebelumnya adalah efektif. Penelitian ini dilakukan di kelurahan Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah efektifitas distribusi Rastra di kelurahan Sedinginan. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendistribusian Rastra di kelurahan Sedinginan, dan untuk mengetahui upaya pemerintah kelurahan Sedinginan dalam meningkatkan efektifitas pendistribusian Rastra di Kelurahan Sedinginan. Jumlah responden yang di ambil dalam penelitian ini adalah 79 responden yang merupakan RTM yang terdaftar di DPM. Dalam penelitian ini, efektifitas pendistribusian Rastra di kelurahan Sedinginan di lihat dari pedoman umum Rastra yang di terbitkan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, dari peraturan tersebut di dalamnya tepatnya dalam bab 5 di jelaskan indikator dari kinerja program Rastra ada 6 yaitu : tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat administrasi, tepat harga, dan tepat kualitas. Dari hasil pengukuran terhadap masing-masing indikator maka dapat dinyatakan bahwa efektifitas pendistribusian Rastra di kelurahan Sedinginan kurang terlaksana dengan baik, hal ini di karenakan beberapa faktor yaitu : karakteristik organisasi pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial dan politik, sikap para pelaksana, komunikasi antara organisasi terkait dan kegiatan-kegiatan pelaksana, sumber daya, standar dan sasaran kebijakan/ukuran dan tujuan kebijakan. Dan dari penelitian yang penulis lakukan, bahwa pemerintah kelurahan Sedinginan belum mampu melakukan upaya untuk meningkatkan efektifitas pendistribusian Rastra di kelurahan Sedinginan, karena di indikasi pemerintah kelurahan Sedinginan kurang inofatif untuk mencari solusi dalam mengatasis permasalahan pendistribusian Rastra di kelurahan Sedinginan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:18
Last Modified: 23 Oct 2019 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item View Item