Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Teknik Reinforcement dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru

Nurul Azizah, - (2019) Efektivitas Teknik Reinforcement dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik reinforcement dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas negeri 13 pekanbaru pada tahun pelajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah pre eksperiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 30 0rang siswa dan objek penelitian ini adalah efektifivitas teknik reinforcement dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi siswa di sekolah menengah atas negeri 13 pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 di sekolah menengah atas negeri 13 pekanbaru dan sampel diambil sebanyak 9 orang yang memiliki motivasi belajar yang rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memberikan treatment atau perlakuan kepada 9 orang siswa di dalam konseling kelompok dan 9 orang siswa sebagai kelompok control Eksperimen ini dilakukan sebanyak 6 kali dengan menerapkan teknik reinforcement dalam layanan konseling kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan wilcoxon. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan teknik reinforcement dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai output “Test Statistics” diketahui Asymp Sig (2-tailed) bernilai 0,008. Karena nilai 0,008 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” Artinya ada perbedaan antara motivasi belajar siswa untuk pre-test dan pos-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik reinforcement dalam layanan konseling kelompok efektiv untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Reinforcement, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Oct 2019 02:58
Last Modified: 23 Oct 2019 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21619

Actions (login required)

View Item View Item