PEMANFAATAN AIR LINDI DARI TPA MUARA FAJAR DENGAN PENAMBAHAN BIOAKTIVATORDAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDATERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASILTANAMAN TOMAT (Lycopersicum escelentum Mill.)

SITI PURMINAH, 11382201898 (2019) PEMANFAATAN AIR LINDI DARI TPA MUARA FAJAR DENGAN PENAMBAHAN BIOAKTIVATORDAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDATERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASILTANAMAN TOMAT (Lycopersicum escelentum Mill.). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
cover-lampiran kecuali bab 4.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

PEMANFAATAN AIR LINDI DARI TPA MUARA FAJAR DENGAN PENAMBAHAN BIOAKTIVATOR DAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum escelentum Mill.) Siti Purminah (11382201898) Di bawah bimbingan Irwan Taslapratama dan Bakhendri Solfan INTISARI Air lindi merupakan cairan limbah yang tidak berguna, tetapi apabila diolah menjadi pupuk organik cair yang ramah lingkungan dan banyak mengandung unsur – unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Tujuan penelitian untuk mengetahui interaksi antara volume promi dengan lama fermentasi terbaik dalam pembuatan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Agronomi dan lahan percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Tempat Pemprosesan Akhir pada bulan November sampai Januari 2019. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor dan 7 ulangan. Faktor pertama adalahvolume promi yang terdiri dari tiga taraf perlakuan yaitu P1= 12,5 mL, P2= 15 ml, P3= 17,5 ml. Faktor kedua adalah lama fermentasi terdiri dari dua taraf perlakuan yaitu T1= 17 hari dan T2= 21 hari. Hasil penelitian menunjukkan pemberian volume promi 17,5 mL lebih efisien dalam meningkatkan tinggi tanaman. Lama fermentasi dan interaksi tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Kata kunci : air lindi, pupuk organik cair, lama fermentasi, tomat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:39
Last Modified: 23 Oct 2019 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item