HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMK DENGAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DI KOTA DUMAI

FITRAHAYATI RAHMI, 11461201509 (2019) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMK DENGAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DI KOTA DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
FITRAHAYATI RAHMI (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text (COVER - LAMPIRAN KECUALI BAB IV)
FITRAHAYATI RAHMI (COVER - LAMPIRAN KECUALI BAB IV).pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Fitrahayati Rahmi (2019): Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Siswa SMK Dengan Sistem Full Day School di Kota Dumai Stres akademik yang dialami siswa SMK dengan sistem full day school, membuat siswa kelelahan, kehilangan fokus karena belajar terlalu lama di sekolah, tuntutan orangtua yang mengharuskan siswa dapat nilai bagus, serta deadline tugas yang banyak dapat memicu stres. Stres akademik dapat mengganggu proses belajar siswa, maka dari itu stres akademik yang dialami siswa harus dikurangi. Untuk mengurangi stres akademik, terdapat faktor internal yang mempengaruhi stres akademik, salah satunya yaitu karakteristik kepribadian hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada siswa SMK dengan sistem Full Day School (FDS) di Kota Dumai. Hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara hardiness dengan stres akademik pada siswa SMK full day school. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 287 siswa SMK FDS ditentutkan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala, skala hardiness dari Dian Purnama Sari (2015) dengan menggunakan teori Kobasa dan skala stres akademik menggunakan Student-life Stress Inventori (SSI) dari Gadzela dan Masten (1994) yang diadaptasi dan dimodifikasi peneliti berdasarkan kebutuhan penelitian. Berdasarkan analisis korelasi Pearson Product Moment, hipotesis dalam penelitian ini diterima, diperoleh nilai korelasi (r) sebesar -0,161 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 (p ≤0,05). Kata kunci: hardiness, stres akademik, full day school

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:06
Last Modified: 23 Oct 2019 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item