PENGARUH MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 17 PEKANBARU

WIDYA PERTIWI BUDIARTI, (2013) PENGARUH MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131046PMT.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dari motivasi ARCS dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru yang berjumlah 73 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 yang berjumlah 24 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII2 yang berjumlah 24 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembaran observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan dan tes setelah menggunakan motivasi ARCS dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan motivasi ARCS dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian digunakan uji Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan motivasi ARCS dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 2,82 yang berarti lebih besar dari ttabel (to > tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,02 < 2,82 > 2,69) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru setelah menerapkan motivasi ARCS dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item