Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE RESITASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

HAYATUN NUFUS (2013) PENGARUH METODE RESITASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131024PMT.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada efek dari pengajaran metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttestonly Design with Nonequivalent Group. Sampel dalam pepenelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 64 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIIB1 sebagai kelas eksperimen dan VIIIB2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t, skor menjadi nilai = 3,12 pada tingkat signifikan 5% = 2.00 dan tingkat signifikan 1%=2.65 jadi 2.00 < 3.12 > 2.65 yang berarti ada perbedaan pembelajaran metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika. Dimana rata-rata hasil belajar di kelas pembelajaran metode resitasi dalam model ppembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah 78,48 dan rata-rata hasil kelas dengan menggunakan pembelajaran konvensional belajar adalah 68.8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item