PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF SUKAJADI

MUHAMMAD RAZIS, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF SUKAJADI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131012PMT.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Ma’arif Sukajadi setelah mengikuti pembelajaran menggunakan penerapan strategi pemecahan masalah dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana penerapan strategi pemecahan masalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Ma’arif Sukajadi semester genap tahun ajaran 2012/2013, pada materi peluang?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu Guru Berperan Langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Ma’arif Sukajadi yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan Tahun ajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah penerapan strategi pemecahan masalah dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Sedangkan pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peluang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi yaitu digunakan untuk melihat sejauh mana aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, teknik pengukuran dalam penelitian ini yang akan diukur adalah hasil belajar siswa. dilakukan dengan pemberian tes yang berbentuk Essay, dan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang profil sekolah yang diteliti. Dalam hal ini terdapat data tentang sejarah berdirinya sekolah, jumlah guru, keadaan siswa, sarana dan prasarana sekolah. Dari rata-rata ringkasan skor pencapaian indikator pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran pra tindakan, diperoleh data indikator 1 = 63,75%, indikator 2 = 62,75%, indikator 3 = 63,00%, dan indikator 4 = 36,75%. Pada pembelajaran tindakan diperoleh indikator 1 = 74,75%, indikator 2 = 76,75%, indikator 3 = 73,25%, dan indikator 4 = 67,75%. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil ketuntasan siswa mulai dari pembelajaran pra tindakan sampai siklus III sebagai berikut: pra tindakan = 47,61%, tindakan silkus I = 61.90%, tindakan siklus II = 76,19%, dan tindakan siklus III = 85,71%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item