PENGARUH PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

ERIEK HERMA DINATA, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131000PMT.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan metode Pemecahan Masalah dalam pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan metode Pemecahan Masalah dengan pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru ?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain pretest- Posttest Group Desain. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru yang berjumlah 77 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas VII.2 yang berjumlah 25 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII.3 yang berjumlah 25 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode Pemecahan Masalah dalam pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode Pemecahan Masalah dalam pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga diambil kesimpulan bahwa metode Pemecahan Masalah dalam pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item