PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MINAS KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK

NURLELI SABETH, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MINAS KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013994PMT.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dan minat belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?” dan “Apakah terdapat perbedaan minat belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Postest-only Design with Nonequivalent Group. Pada penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Minas yang berjumlah 77 siswa yang terdiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan VII2 sebagai kelas kontrol. Teknik pensampelan yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Pertemuan dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan, yaitu enam kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dan satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dan minat belajar belajar matematika siswa adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika dan minat belajar belajar matematika siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Minas Kecamatan Minas Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item