Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISH BOWL UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANDUR PICAK KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

HELMI JUMIDA, - (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISH BOWL UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANDUR PICAK KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

ABSTRAK Helmi Jumida, (2019): Penerapan Strategi Pembelajaran Fish Bowl untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 009 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi pembelajaran fish bowl untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 009 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, yang tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 009 Bandur Picak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran fish bowl dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 63,75 dengan kategori cukup dan ketuntasan ketuntasan klasikal 37,5%. Sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 75 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal 56,25%. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 87,18 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal 87,5% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran fish bowl dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV sekolah Dasar Negeri 009 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar Kata Kunci: Penerapan Strategi Pembelajaran Fish Bowl , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:22
Last Modified: 21 Oct 2019 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item View Item