Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERHATIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERGAULAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

PUTRI RAHMA YANA, 11211200152 (2017) PENGARUH PERHATIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERGAULAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang didasari bahwa perhatian guru Pendidikan Agama Islam ada pengaruhnya terhadap pergaulan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh yang signifikan antara Perhatian Guru Pendidikan Agama Islam dengan Pergaulan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh perhatian guru Pendidikan Agama Islam terhadap pergaulan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar yang berjumlah 336 siswa sebanyak 13 kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling dengan mengambil sampel 25% dari 336 siswa yaitu 84 siswa. Sampel diambil dari kelas VII berjumlah 35 siswa, kelas VIII berjumlah 28 siswa,dan kelas IX berjumlah 21 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah perhatian guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas (X) serta pergaulan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data penulis menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi koefisien kontingensi (contingency coefficient correlation). Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi koefisien kontingensi (contingency coefficient correlation) dapat diketahui bahwa perhatian guru Pendidikan Agama Islam terhadap pergaulan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, di peroleh angka = 0,363 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,217 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,283. Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, ada pengaruh yang signifikan perhatian guru Pendidikan Agama Islam terhadap pergaulan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Artinya, semakin baik perhatian guru Pendidikan Agama Islam maka semakin tinggi pula tingkat kebaikan pergaulan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, sebaliknya semakin kurang baik perhatian guru Pendidikan Agama Islam maka semakin rendah pula tingkat pergaulan siswa di SMP Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 18 Oct 2019 09:11
Last Modified: 18 Oct 2019 09:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item View Item