PENERAPAN STRATEGI IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HIDAYAH PEKANBARU

JURIA HERLIA BERTA SIREGAR, (2013) PENERAPAN STRATEGI IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013992PMT.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada materi pelajaran matematika di kelas VII MTs Miftahul Hidayah Pekanbaru. Berdasarkan analisa hal ini dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru selama ini. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi Improve yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di kelas VII MTs Miftahul Hidayah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi improve yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di VII MTs Miftahul Hidayah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas di VII MTs Miftahul Hidayah Pekanbaru yang berjumlah 31 orang. Objek penelitiannya adalah penerapan strategi improve dan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini indikator keberhasilan motivasi siswa belajar matematika yang ditetapkan adalah mencapai minimal dengan persentase 75%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa strategi improve dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan rata-rata sebesar 44.39% dengan kategori sedang, siklus I meningkat sebesar 70.61% dengan kategori tinggi, siklus II motivasi belajar siswa mencapai rata-rata 74.55% dengan kategori tinggi, dan pada siklus III rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 77,94% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item