Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU

WIDI RAHAYU, 11315200682 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk dimiliki, karena dengan memiliki kemampuan berpikir kritis dapat membantu kita berpikir cermat dan teliti dalam mengatasi permasalahan yang tengah kita hadapi. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis adalah melalui penerapan model pembelajaran IMPROVE yang menuntut siswa untuk dapat memcahkan masalah sekaligus mengevaluasi masalah sehingga siswa benar-benar berperan sebagai pemikir. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang meggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal siswa serta apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran IMPROVE yang ditinjau dari kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two Factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung serta jika ditinjau dari kemampuan awal sedang dan kemampuan awal rendah. (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal tinggi siswa. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran IMPROVE dan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci : IMPROVE, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 18 Oct 2019 08:59
Last Modified: 18 Oct 2019 08:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21537

Actions (login required)

View Item View Item