CHINTIA PRATIWI (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013990PMT.pdf Download (702kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Tambang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan, dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis menggunakan tes-t. analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,976 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,03. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau (2,976 > 2,03), yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP N 2 Tambang Kabupaten Kampar .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:46 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2153 |
Actions (login required)
View Item |