Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGAWASAN PEREDARAN DAN PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA PEKANBARU

ANISA, ICA (2019) ANALISIS PENGAWASAN PEREDARAN DAN PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN FIX.pdf

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview

Abstract

Maraknya tempat menjual minuman alkohol secara tidak resmi (ilegal) merupakan masalah serius di Kota Pekanbaru, sehingga pengawasan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan sangat dibutuhkan dalam menertibkanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan peredaran dan penjualan minuman beralkohol dan hambatan-hambatan yang terdapat dalam pengawasan peredaran dan penjualan minuman beralkohol Kota Pekanbaru. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan key informan sepuluh orang terdiri dari Kepala Seksi Pengawasan Perdagangan, empat orang staff Seksi Pengawasan Perdagangan, seorang pelaku usaha yang secara resmi, seorang pelaku usaha secara tidak resmi dan dua masyarakat yang tinggal dekat kawasan penjualan minuman beralkohol serta seorang petugas Satuan polisi Pamong Praja. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pertama menunjukkan sebelum pengawasan dibentuk tim pengawasan, tempat dan waktu pengawasan, kemudian waktu pengawasan dilakukan pemeriksaan kelengkapan izin usaha dan tindakan penilaian sedangkan setelah pengawasan, pemberian sanksi kepada yang melanggar dan hasil penelitian kedua ada beberapa hambatan yaitu masyarakat kurang mendukung upaya pemerintah kota, informasi yang transparansi, lemahnya sanksi diberikan hanya berupa teguran.Usulan yang diberikan tingkatkan sosialisasi tentang minuman alkohol ke masyarakat, meningkatkan kerjasama antar pihak serta mempertegas sanksi seperti penambahan denda kepada pelaku usaha yang melanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 Oct 2019 08:34
Last Modified: 18 Oct 2019 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21522

Actions (login required)

View Item View Item