PENGARUH METODE PROBLEM BASED INTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

JOKO LESTARI, (2013) PENGARUH METODE PROBLEM BASED INTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013980PMT.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Banyak kritik yang ditujukan pada cara guru mengajar yang terlalu menekankan pada penguasaan sejumlah informasi/konsep belaka. Penumpukan informasi/konsep pada siswa dapat saja kurang bermanfaat bahkan tidak bermanfaat sama sekali kalau hal tersebut hanya dikomunikasikan oleh guru kepada siswa melalui satu arah seperti menuang air kedalam sebuah gelas. Disamping itu rendahnya partisipasi aktif seluruh siswa dalam proses pembelajaran masih jauh dari yang diharapkan, hal ini mengakibatkan siswa sulit untuk berkembang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Intruction dalam pembelajaran Think Pair Square dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode Problem Based Intruction dalam pembelajaran Think Pair Square dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru? Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiya 02 Pekanbaru sebanyak 50 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Problem Based Intruction dalam pembelajaran Think Pair Square. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode Problem Based Intruction dalam pembelajaran Think Pair Square dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode Problem Based Intruction dalam pembelajaran Think Pair Square dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2152

Actions (login required)

View Item View Item