PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU

WIDYARTY.Z, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013898PMT.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Dwi Sejahtera Pekambaru yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Dwi Sejahtera Pekambaru yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only control desingn. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas siswa kelas VII SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru tahun ajaran 2013/ 2014 sebanyak 1124 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII.C dan VII.D, dimana kelas VII.C sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini guru yang berperan sebagai observer dan peneliti sebagai guru dalam proses pembelajaran ini. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, angket, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian minat dan hasil belajar matematika siswa dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:45
Last Modified: 29 Jan 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item