Penerapan Strategi Pembelajaran Group Resume Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Seibeberas Hilir Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu

ida nursehah, - (2019) Penerapan Strategi Pembelajaran Group Resume Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Seibeberas Hilir Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ida Nursehah, (2019): Penerapan StrategiGroup Resume untuk Meningkatkan keaktifan Belajar Siswapada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Desa SeiBeberasHilir Kecamatan LubukBatu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi pembelajaran group resumedi kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Desa Sei Beberas Hilir. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa, hal ini terlihat dari kurangnya keaktifan belajar siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat, siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswakelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Desa SeiBeberasHilir.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh dengan penerapan strategi pembelajaran group resume dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata keaktifan belajar siswa hanya 46,25% dengan kategori kurang tinggi, karena berada pada rentang 40-55%.Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat pada siklus I yaitu 56,42% dengan katergori cukup tinggi, karena berada pada rentang 56-75%. Sedangkan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 81,63% dengan kategori, tinggi dengan rentang76-100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerepan strategi pembelajaran group resume dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelasV Sekolah Dasar Negeri 004 Desa Sei Beberas Hilir Kecematan LubukBatu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Group Resume, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:09
Last Modified: 21 Oct 2019 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item