Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Di Kampung Sungai Gondang Kecamatan Kandis Kabupaten Siak

Wawan Setiawan, - (2019) Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Di Kampung Sungai Gondang Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Partisipasi masyarakat sebagai masukan pembangunan diharapkan dapat meningkatkan usaha perbaikan kondisi dan taraf hidup masyarakat desa. Diantaranya partisipasi masyarakat desa dengan kemampuan masyarakat desa untuk berkembang secara mandiri. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam mengikuti musyawarah perencanaan pembangunan desa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan subjek dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa di kampung sungai gondang ini penulis menggunakan peraturan Undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan nasional yaitu penyusunan rencana, penetapan rencana serta evaluasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa secara umum partisipasi masyarakat dalam musrenbang desa sungai gondang tahun 2018 adalah rendah dengan karakteristik : partisipasi masyarakat dalam kehadiran pada forum pelaksanaan musrenbang rendah mancapai 20% (dua puluh persen). Dan partisipasi masyarakat dalam memberikan sumbangan pemikiran dalam musyawarah perencanaan pembangunan masih rendah. hambatan masyarakat untuk mengikuti kegiatan musrenbang adalah kurang sosialisasi akan adanya kegiatan musrenbangdesa serta kurangnya kepercayaan masyarakat akan kepemimpinan kepala desa serta masyarakat merasa terwakili akan kehadian ketua RT maupun RW. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pembangunan di desa. (Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Perencanaan, Pembangunan Desa)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 18 Oct 2019 04:05
Last Modified: 18 Oct 2019 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item