SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PADA PDAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

RESTI YULIA, - (2019) SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PADA PDAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (BAB FULL)
BAB FULL.pdf

Download (97MB) | Preview

Abstract

Sistem informasi menjadi faktor penting untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah kinerja karyawan. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa penyedia air bersih. Tujuan PDAM adalah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan air bersih. PDAM terus berupaya melakukan peningkatan baik mutu pelayanan maupun dari segi fasilitas. Berdasarkan fakta yang ada saat ini di PDAM Kabupaten Padang Pariaman memiliki beberapa masalah yaitu pelanggan kesulitan mendapatkan informasi jumlah tagihan rekening air, pengolahan data DRD dan tidak adanya layanan yang bisa menampung keluhan pelanggan dimanapun dan kapanpun pelanggan berada. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti ingin membangun sebuah sistem informasi layanan pelanggan berbasis web untuk mempermudah pelanggan dalam berkomunikasi dengan PDAM dan membantu karyawan dalam menjalankan proses bisnis. Sistem ini dibangun menggunakan metode object oriented analysis design (OOAD) dan Waterfall untuk perancangan dan pengembangan sistem dengan penggunaan unified modelling language (UML) diagram. Metode PIECES untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan. Hasil penelitian yang telah dilakukanadalahperlunyapeningkatandanperbaikandarisisiperformance,efficiency,information, economic, control, dan service.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:30
Last Modified: 18 Oct 2019 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item