PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMAN 1 PANGKALAN KERINCI

ASMIDAR, (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMAN 1 PANGKALAN KERINCI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013896PMT.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lessons dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lessons dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kerinci, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu enam kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran Peer Lessons dan pertemuan terakhir digunakan untuk postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMAN 1 Pangkalan Kerinci antara siswa yang belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lessons dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan dapat dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 79,36 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol yaitu sebesar 69. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Peer Lessons memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan kerinci

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:45
Last Modified: 29 Jan 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item