PENERAPAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN WILAYAH KELURAHAN BERDASARKAN DATA KETERLAMBATAN PEMBAYARAN LISTRIK

NUR AULIA HASANAH, - (2019) PENERAPAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN WILAYAH KELURAHAN BERDASARKAN DATA KETERLAMBATAN PEMBAYARAN LISTRIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PENERAPAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN WILAYAH KELURAHAN BERDASARKAN DATA KETERLAMBATAN PEMBAYARAN LISTRIK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (BAB FULL)
PENERAPAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN WILAYAH KELURAHAN BERDASARKAN DATA KETERLAMBATAN PEMBAYARAN LISTRIK.pdf

Download (283MB) | Preview

Abstract

Perusahaan Listrik Negara atau PT. PLN (Persero) merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan energi listrik di Indonesia. PT. PLN khususnya di wilayah Pekanbaru, Riau memiliki wilayah operasi yang luas dengan 58 kelurahan yangmemilikipelanggan dari rumah tangga, industri dan bisnis sehingga PT. PLN perlu adanya suatu sistem pelayanan pembayaran tagihan listrik yang berorientasi pada pelanggan melalui kerjasama dengan berbagai pihak. PT. PLN mengalami hambatan yaitu adanya saldo piutang atau yang sering disebut dengan tunggakan rekening listrik yang disebaban oleh para pelanggan yang tidak tepat waktu dalam pembayaran tagihan listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan wilayah-wilayah yang melakukan penugakkan listrik yang dapat membantu PT. PLN dalam melakukan pengawasan dan himbauan akan pentingnya membayar rekening listrik agar tidak terjadinya tunggakan yang apat merugikan pihak PLN dan pihak konsumen itu sendiri. Dalam melakukan pengelompokan, dapat dilakukan dengan mengolah data menggunakan teknik data mining yaitu dengan algoritma clustering. Salah satu algoritma untuk melakukan clustering adalah Fuzzy C-Means (FCM). Berdasarkan hasil uji blackbox yang dilakukan bahwa fitur-fitur pada sistem yang dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:43
Last Modified: 18 Oct 2019 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21475

Actions (login required)

View Item View Item