Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Bantuan Multimedia terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bengkalis

Yuda Fransiska, (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Bantuan Multimedia terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bengkalis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013879PMT.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan multimedia terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMPN 1 Bengkalis dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan multimedia terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMPN 1 Bengkalis dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelejaran konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bengkalis, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan multimedia dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan Bantuan Multimedia kemampuan komunikasi matematika siswa SMPN 1 Bengkalis dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:45
Last Modified: 29 Jan 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item View Item