Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMA IT MUTIARA DURI KABUPATEN BENGKALIS

NURUL FADHILAH (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMA IT MUTIARA DURI KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013877PMT.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran aktif tipe Question Students Have dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru, sementara yang menjadi observer dalam penelitian ini adalah guru bidang studi tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Terpadu Mutiara Duri, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran aktif tipe Question Students Have dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:45
Last Modified: 29 Jan 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item