DIAN FAJAR SARI (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 05 BANTAN KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013848PMT.pdf Download (556kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi pokok Garis Singgung Lingkaran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan alat peraga dan strategi konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika pada materi pokok Garis Singgung Lingkaran antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan alat peraga dan strategi konvensional.pada siswa kelas VIII SMP 05 Bantan Kabupaten Bengkalis?” Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang dipergunakan adalah posttest-only design with nonequivalent group. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dan guru bidang studi sebagai observer. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 05 Bantan. Semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. yang terdiri kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, yang seluruhnya berjumlah 84 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok TTW dengan alat peraga dari kelas VIIIB sebanyak 28 siswa dan kelompok konvensional dari kelas VIIIA sebanyak 28 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 54 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan analisis statistik komparatif dengan analisis test”t”. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan alat peraga dan strategi konvensional. Ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Dimana rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,53 untuk strategi TTW dengan alat peraga, sedangkan untuk strategi konvensional dengan rata-rata hasil belajar sebesar 65,43. Berdasarkan perbandingan to dengan tt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (2,01<2,742<2,68).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:45 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2145 |
Actions (login required)
View Item |