PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP TRI BHAKTI PEKANBARU

JAYANTI HERLI, (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013839PMT.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata kelas pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pemecahan masalah dibanding belajar secara konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “adakah perbedaan rata-rata kelas pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pemecahan masalah dibanding belajar secara konvensional?”. Peneliti menggunakan desain penelitian prates-postes beracak yaitu terdapatnya dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Kelompok pertama diberi perlakuan yang disebut kelas eksperimen sedangkan kelompok kedua tidak diberi perlakuan yang disebut dengan kelas kontrol. Peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tri Bhakti Pekanbaru yang berjumlah delapan puluh siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Selama penelitian, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali yaitu lima kali pertemuan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pemecahan masalah dan satu pertemuan lagi untuk melaksanakan postes. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan ratarata kelas pada kemampuan komunikasi matematika siswa, hasil penelitian diolah menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data, diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan rata-rata kelas dalam penggunaan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pemecahan masalah terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan lebih tingginya nilai rata-rata kelas pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pemecahan masalah dibanding siswa yang belajar secara konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:45
Last Modified: 29 Jan 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item