PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWAMAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

REGI ADE PUTRI, (2013) PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWAMAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013836PMT.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN Kampar Kabupaten Kampar?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Postest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Kampar tahun ajaran 2012/2013, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:44
Last Modified: 29 Jan 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item