PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

RISMAYANTI, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013829PMT.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan ratarata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 124 siswa yang terdiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIB2 sebagai kelas eksperimen dan VIIB4 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali yaitu enam kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:44
Last Modified: 29 Jan 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item