PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 2 SIAK HULU KAMPAR

EPRITA SUANI, (2013) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 2 SIAK HULU KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013825PMT.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan konstruktivis dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 304 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan pendekatan Konstruktivis dari kelas X5 sebanyak 35 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas X4 sebanyak 35 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 70 siswa diperoleh dengan cara sampling pertimbangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali. Lima kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 4,6772 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00 < 4,6772 > 2,65) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan konstruktivis dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi trigonometri. Ini dapat dilihat dari perbedaan mean kedua variabel menunjukkan kelas eksperimen dengan pendekatan konstruktivis lebih baik dari kelas konvensional, dimana mean hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan konstruktivis sebesar 76,71 dan mean hasil belajar kelas konvensional sebesar 64,43.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:44
Last Modified: 29 Jan 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item